Banyak pakan lele alternatif alami yang dapat menghemat biaya. Cara membuat agar cepat besar adalah dengan menggunakan pakan alternatif alami dimana pakan ini menjadi makanan yang paling disukai banyak jenis ikan lele, dan ini merupakan sebuah rahasia supaya lele cepat besar.

 

Ada banyak pakan lele yang dapat membuat lele cepat besar dan cepat panen yaitu sebagai berikut:

 

1. Maggot Lalat

pakan lele

Maggot biasa tumbuh dengan siklus tertentu yaitu melalui telur lalat. Jenis lalatnya ialah black soldier fly dengan metamorfosis dengan fase kedua setelah mengalami fase telur. Lebih tepatnya sebelum masuk fase pupa sebelum menjadi lalat dewasa. Kandungan di dalamnya mengandung protein maggot dengan prosentase hingga 40 %. Nilai gizi pelet dibuat oleh pabrik dengan persentase sekitar 20-25 %. Ini dapat meningkatkan tingkat metabolisme pada ikan sehingga sangat baik untuk melawan berbagai penyakit.

2. Ikan rucah

pakan lele

Selain memiliki nilai gizi sangat tinggi. Ikan rucah ini sangat disukai oleh para petani karena di dalamnya sangat mengandung protein yang super tinggi. Mengandung komponen yang berasal dari berbagai unsur sebagai penunjang pertumbuhan ikan lele yang rasanya sangat enak dan disukai oleh ikan lele. Ikan rucah yang rasanya dianggap enak memang bukan hanya sekedar anggapan, tapi memang sangat benar adanya. Para budidaya ikan lele biasanya mengandalkan ikan rucah untuk berbagai pakan harian.

3. Bekicot

pakan lele

Bekicot merupakan alternatif pakan ikan yang memiliki kandungan protein sangat lengkap dan sangat bagus sebagai makanan yang dapat menjadikan ikan lele cepat besar pertumbuhannya. dan ikan lele pun memang sangat menyukai jenis pakan yang amis seperti bekicot.

4. Cacing

pakan lele

Banyak para ahli cacing lubricus yang menyadari bahwa di dalam tubuh cacing mengandung kadar protein yang sangat tinggi, atau sekitar 76 %. Kadar cacing ini lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang ada di dalam daging mamalia karena proteinnya sebanyak 65% atau ikan yang memiliki kadar sebanyak 50 %. Cacing sutra juga bagus dikonsumsi lele sebab memiliki laju pertumbuhan yang sangat tinggi. Jenis makanan cacing termasuk ke dalam jenis kelompok pakan alami ikan yang sangat tinggi kandungan gizinya.

5. Tanaman atau Dedaunan

Tanaman Azzola merupakan tumbuhan pakuan yang banyak dicari oleh para peternak ikan yang khusus untuk ikan lele sebagai alternatif pakan tambahan yang murah. Intensitas perburuan azola merupakan pakan ikan lele yang di dalamnya mengandung banyak protein yang sangat tinggi sekitar 25 hingga 35 %.

6. Unggas

Pada peternakan ayam setiap harinya biasanya ada saja ayam yang mati. Limbah ayam bisa Anda gunakan untuk memberi makan ikan lele, karena lele merupakan hewan karnivora. Ayam yang sudah mati tidak boleh diberikan secara langsung untuk menghindari wabah penyakit pada ikan. Ayam harus direbus serta dibersihkan dulu. Proses perebusan ini bertujuan untuk menghilangkan bau dan membunuh bibit penyakit yang mungkin terkandung dalam ayam. Setelah mendidih diamkan menjadi dingin, kemudian berikan ke ikan lele Anda pada hari itu juga.