Ikan cupang ini adalah merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki banyak peminat serta cukup mudah dipelihara. Budidaya ikan cupang sebenarnya tidak membutuhkan lahan luas dan bisa dimulai dengan modal yang kecil sebagai bentuk peluang bisnis dan usaha rumahan.

Ikan air tawar yang hidup di daerah tropis ini banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia sendiri. Pada alam bebas jenis ikan ini akan hidup berkelompok dengan habitat rawa-rawa, telaga, danau, dan sungai yang memiliki perairan arus tenang.

budidaya ikan cupang

Hal yang paling istimewa dari ikan cupang adalah memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat sehingga mampu hidup pada lingkungan air dengan oksigen yang sangat minim. Kemampuan seperti ini karena dalam tubuh ikan cupang terdapat rongga labirin hampir mirip pada paru-paru manusia.

 

Di Indonesia, dapat dijumpai beberapa jenis ikan cupang, di antaranya;

1. Cupang plakat
Ini adalah jenis cupang aduan. Cupang plakat memiliki beberapa varian seperti full black, plakat dragon, dan lainnya.

2. Cupang Halfmoon
Ikan cupang jenis ini dipelihara karena warnanya yang indah. Cupang jenis ini memiliki banyak variasi warna pada siripnya. Jika dilihat dari samping, warna pada pada sirip dan ekornya tampak seperti setengah bulan (setengah lingkaran).

3. Serit (Crown Tail)
Cupang jenis ini berasal dari Indonesia.

4. Double Tail
Sepintas cupang jenis ini mirip dengan jenis halfmoon. Perbedaan yang nyata terletak pada ekornya yang terbelah dua.

5. Giant (Cupang Raksasa)
Ini adalah jenis cupang terbesar. Ukurannya dapat mencapai 12 cm. Ikan cupang jenis ini merupakan hasil persilangan cupang jenis plakat dengan jenis lain.

6. Cupang Alam
Jenis ini adalah cupang yang masih asli dari alam. Belum tersentuh persilangan oleh manusia. Cupang alam dapat ditemukan di rawa dan sungai.

Budi daya ikan cupang telah banyak dilakukan di Indonesia, karena pasar ikan cupang memang sangat menjanjikan. Tidak hanya pasar dalam negeri, tapi juga pasar luar negeri (ekspor). Anda tertarik untuk budidaya ikan cantik ini?