Awinfish https://awinfish.com Jual Bibit Lele Ciledug Tangerang Sat, 29 Jun 2019 16:05:24 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.2 https://awinfish.com/wp-content/uploads/2019/06/cropped-IMG_20190629_230855-1-32x32.jpg Awinfish https://awinfish.com 32 32 Kandungan Gizi Ikan Lele Tidak Membuatmu Gemuk https://awinfish.com/harga-ikan-lele/ https://awinfish.com/harga-ikan-lele/#respond Sat, 29 Jun 2019 16:05:24 +0000 http://awinfish.com/?p=337 Selain sangat mudah diolah, harga ikan lele pun terbilang murah. Tak heran jika menjadi favorit banyak orang. Berbagai jenis ikan Lele yang kita ketahui seperti Lele Dumbo, Lele Sangkuriang, Lele Phyton, dll memiliki rasa yang lembut, manis, dan gurih untuk dikonsumsi. Lele sangat enak jika dikonsumsi secara langsung atau dimasak dengan berbagai cara. Perawatan dan […]

The post Kandungan Gizi Ikan Lele Tidak Membuatmu Gemuk appeared first on Awinfish.

]]>
kandungan gizi ikan lele

Selain sangat mudah diolah, harga ikan lele pun terbilang murah. Tak heran jika menjadi favorit banyak orang. Berbagai jenis ikan Lele yang kita ketahui seperti Lele Dumbo, Lele Sangkuriang, Lele Phyton, dll memiliki rasa yang lembut, manis, dan gurih untuk dikonsumsi. Lele sangat enak jika dikonsumsi secara langsung atau dimasak dengan berbagai cara. Perawatan dan pembudidayaannya yang mudah tidak hanya menarik minat konsumen dan ibu – ibu rumah tangga, namun juga peternak ikan dan pengusaha industri. Terlepas dari hal tersebut, yang menjadi faktor utama menariknya Ikan Lele adalah kandungan gizi yang tinggi. Jika mengkonsumsinya tidak berlebihan, maka banyaknya manfaat yang terkandung akan sangat terasa dan tidak akan membuat anda gemuk.

Apa Saja Kandungan Gizi Ikan Lele?

Ikan lele sebaiknya dikonsumsi 3,5 ons atau setara 99 gram per minggu. Lele memang mengandung lemak dan kolesterol, namun tidak sampai mengakibatkan gemuk atau gangguan jantung. Sekitar 53 persen asupan 3 ons lele adalah kalori yang sebagian besar dari protein.

Jumlah asupan yang sama juga mengandung 122 gram kalori, dengan 55 gram berasal dari lemak. Tiap ekor lele mengandung total lemak 6 gram, termasuk 1,3 gram lemak jenuh dan trans lemak. Dalam jumlah yang sama, lele mengandung sekitar 56 miligram kolesterol.

Lele tidak mengandung karbohidrat namun sarat protein. Konsumsi 3 ons atau setara 85 gram lele mencukupi 15,7gram kebutuhan protein. Jumlah tersebut setara 28 persen kebutuhan protein laki-laki, dan 34 persen pada perempuan setiap hari. Lele juga mengandung 2,3 mikrogram vitamin B12, yang memenuhi kebutuhan total laki-laki dan perempuan.

Dengan begitu, kita tidak akan mudah mengalami kenaikan berat badan setelah mengkonsumsinya. Hanya saja, ada baiknya kita memperhatikan cara memasak lele agar tidak meningkatkan kadar kolesterol, lemak, atau kalorinya. Sebagai contoh, lele goreng yang disukai oleh banyak orang kurang direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Sebaliknya, lele yang dikukus, direbus, dijadikan sup, atau dipanggang dianggap jauh lebih sehat untuk dikonsumsi.

Tak lagi takut gemuk, yuk siapkan lele sebagai menu makan kamu hari ini. Harga ikan lele yang murah dan gizi yang tinggi menjadi pilihan cerdas untuk memenuhi nutrisi harian kamu. Semoga bermanfaat!

The post Kandungan Gizi Ikan Lele Tidak Membuatmu Gemuk appeared first on Awinfish.

]]>
https://awinfish.com/harga-ikan-lele/feed/ 0
Cara Singkat Penyortiran Bibit Lele https://awinfish.com/cara-singkat-penyortiran-bibit-lele/ https://awinfish.com/cara-singkat-penyortiran-bibit-lele/#respond Tue, 25 Jun 2019 01:21:39 +0000 http://awinfish.com/?p=280 Bagi peternak pemula, cara sortir bibit lele merupakan salah satu hal penting yang perlu dipelajari. Ini adalah kegiatan menyeleksi benih sesuai dengan ukuran yang diharapkan. Penyortiran ini bertujuan mendapatkan keseragaman ukuran benih. Selain itu untuk menghindari benih yang memiliki ukuran yang lebih besar karena akan memakan benih yang berukuran lebih kecil, sebab lele termasuk jenis […]

The post Cara Singkat Penyortiran Bibit Lele appeared first on Awinfish.

]]>
Bagi peternak pemula, cara sortir bibit lele merupakan salah satu hal penting yang perlu dipelajari. Ini adalah kegiatan menyeleksi benih sesuai dengan ukuran yang diharapkan. Penyortiran ini bertujuan mendapatkan keseragaman ukuran benih. Selain itu untuk menghindari benih yang memiliki ukuran yang lebih besar karena akan memakan benih yang berukuran lebih kecil, sebab lele termasuk jenis ikan yang memiliki sifat kanibal (memakan sesamanya), terutama di tingkat benih. Hal ini terjadi biasanya terjadi karena terlambat dalam pemberian pakan.

Penyortiran benih dalam segmen pembenihan lele sangkuriang umumnya dilakukan dua kali.

a. Penyortiran Pertama
Biasanya dilakukan saat benih berumur 20 hari. Pada penyortiran pertama ini, biasanya akan mendapat 3 ukuran benih yakni: 2-3cm, 3-4cm, dan 5-6cm. selebihnya adalah benih dibawah 2-3 cm, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Karena itu dibutuhkan 3 jenis baskom sortir.

Tahap penyortiran adalah diawali dengan benih berukuran paling besar yaitu 5-6cm, selanjutnya benih berukuran 3-4cm dan diteruskan dengan ukuran 2-3cm.

Selain cara tadi bisa juga dengan cara sekaligus yaitu dengan cara bertumpuk. Susun / tumpukan baskom sortir dengan ukuran paling besar diatas 5-6cm kemudian baskom ukuran 3-4cm, dan paling bawah adalah ukuran 2-3cm.

Beri ganjalan berupa batu diantara baskom sortir agar ada ruang untuk benih turun. Jika tidak maka baskom satu dengan baskom lainnya akan menempel.

Penyortiran bias dilakukan untuk dua kolam terlebih dahulu. Angkat semua benih yang ada di kedua kolam tersebut. Kemudian tempatkan benih tersebut kedalam tempat berupah ember atau bak plastic sampai proses sortir selesai.

Air di kedua kolam jangan dibuang atau diganti sama sekali. Masukan kembali benih hasil sortiran ke dalam kedua kolam tersebut, masing-masing ukuran 2-3 cm dan 3-4 cm. Sementara untuk ukuran 5-6cm ditempatkan dikolam tersendiri yang telah disiapkan sebelumnya.

Setelah penyortiran dua buah kolam selesai, selanjutnya dengan tekni yang sama lakukan penyortiran untuk kolam lainnya sampai semua benih yang ada tersortir.

cara sortir bibit lele

b. Penyortiran Kedua.
Dilakukan pada saat benih berukuran 27-30 hari atau sekitar 7-10 hari sejak penyortiran pertama.

Cara dan Teknis penyortiran kedua tidak jauh berbeda dengan cara penyortiran pertama.

Biasanya untuk ukuran 2-3cm sudah tidak ada kalaupun masih ada jumlahnya tidak banyak. Dan yang terbanyak adalah benih berukuran 5-6cm.

Jikan ingin mendapatkan ukuran diatas 5-6cm kita harus melakukan penyortiran kembali. Namun didalam segmen pembenihan sangat jarang para pembudidaya melakukannnya pasalnya, benih lele berukuran 5-6 cm sudah ditunggu oleh pasar (pembeli), sehingga tidak sempat untuk melakukan pendederan menjadi 7-8cm keatas

Demikian cara sortir bibit lele yang perlu diketahui bagi pemula. Selamat Mencoba!

The post Cara Singkat Penyortiran Bibit Lele appeared first on Awinfish.

]]>
https://awinfish.com/cara-singkat-penyortiran-bibit-lele/feed/ 0
Cara Memilih Bibit Ikan Lele yang Baik https://awinfish.com/bibit-lele-di-ciledug/ https://awinfish.com/bibit-lele-di-ciledug/#respond Sat, 18 May 2019 08:29:05 +0000 http://awinfish.com/?p=226 Untuk hasil panen yang baik dalam budidaya ikan lele, tentu saja kita harus memilih benih lele dengan kualitas yang baik. Hal ini merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pembesaran ikan lele. Kualitas benih ikan lele yang akan dibudidayakan sangat menentukan kesuksesan budidaya lele. Jika terjadi kesalahan dalam memilih benih lele, maka bisa saja usaha […]

The post Cara Memilih Bibit Ikan Lele yang Baik appeared first on Awinfish.

]]>
bibit lele ciledug

bibit lele ciledug Hub: 0878-8765-6234

Untuk hasil panen yang baik dalam budidaya ikan lele, tentu saja kita harus memilih benih lele dengan kualitas yang baik. Hal ini merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pembesaran ikan lele. Kualitas benih ikan lele yang akan dibudidayakan sangat menentukan kesuksesan budidaya lele. Jika terjadi kesalahan dalam memilih benih lele, maka bisa saja usaha budidaya lele akan mengalami kegagalan. Ada beberapa kriteria yang setidaknya harus kita ketahui sebelum membeli benih lele.

Beberapa tips singkat tentang cara memilih benih lele yang berkualitas.

1. Kesehatan
Benih lele yang berkualitas memiliki ukuran tubuh yang proporsional (ukuran kepala dan tubuh seimbang), tidak cacat, tidak luka, sungut tidak pucat dan warna tubuh cerah dan mengkilap. Selain itu ciri benih lele yang sehat adalah gerakan aktif, lincah, tidak menggantung serta tidak bergerombol di pojok kolam.

2. Ukurannya Seragam
Ukuran benih lele yang tidak seragam akan mengakibatkan pertumbuhan lele menjadi tidak serempak. Ikan lele bersifat kanibal, jika lapar maka ikan lele yang berukuran besar akan memangsa lele lain yang ukurannya lebih kecil. Jika kita menghendaki ukuran benih 5 cm maka sebaiknya toleransi benih ukuran 4 cm dan 6 cm masing-masing tidak lebih dari 10 % populasi.

3. Riwayat Induk/Keturunan.
Berasal dari induk yang unggul. Bukan hasil pemijahan (perkawinan) dengan tingkat kekerabatan yang dekat (inbreeding). Inbreeding dapat menyebabkan berbagai kerugian seperti menghilangkan kemungkinan untuk mendapat bibit unggul dengan jenis yang baru, menyebabkan kecacatan, juga mengurangi performa atau tampilan fisik ikan.

4. Riwayat Penyakit
Jika benih lele pernah sakit tanyakan bagaimana kronologis dan cara penanganannya. Apakah menggunakan antibiotik, vitamin, atau probiotik, atau bahkan perlakuan teknis saja. Tidak disarankan menggunakan antibiotik dengan dosis berlebihan karena penyakit/bakteri akan bersifat kebal sehingga memerlukan dosis yang lebih tinggi.

Demikianlah tips singkat tentang memilih benih ikan lele yang berkualitas untuk dibudidayakan, semoga berguna dan usaha pembesaran lele kita dapat berhasil dan memuaskan, Jika membutuhkan bibit lele yang berkualitas dan murah, kami menyediakan banyak ukuran. cek harga bibit lele ciledug awinfish di sini.

The post Cara Memilih Bibit Ikan Lele yang Baik appeared first on Awinfish.

]]>
https://awinfish.com/bibit-lele-di-ciledug/feed/ 0
Pakan Alternatif Budidaya Ikan Lele https://awinfish.com/pakan-alternatif-budidaya-ikan-lele/ https://awinfish.com/pakan-alternatif-budidaya-ikan-lele/#respond Thu, 09 May 2019 08:25:25 +0000 http://awinfish.com/?p=193 Banyak pakan lele alternatif alami yang dapat menghemat biaya. Cara membuat agar cepat besar adalah dengan menggunakan pakan alternatif alami dimana pakan ini menjadi makanan yang paling disukai banyak jenis ikan lele, dan ini merupakan sebuah rahasia supaya lele cepat besar.   Ada banyak pakan lele yang dapat membuat lele cepat besar dan cepat panen […]

The post Pakan Alternatif Budidaya Ikan Lele appeared first on Awinfish.

]]>
Banyak pakan lele alternatif alami yang dapat menghemat biaya. Cara membuat agar cepat besar adalah dengan menggunakan pakan alternatif alami dimana pakan ini menjadi makanan yang paling disukai banyak jenis ikan lele, dan ini merupakan sebuah rahasia supaya lele cepat besar.

 

Ada banyak pakan lele yang dapat membuat lele cepat besar dan cepat panen yaitu sebagai berikut:

 

1. Maggot Lalat

pakan lele

Maggot biasa tumbuh dengan siklus tertentu yaitu melalui telur lalat. Jenis lalatnya ialah black soldier fly dengan metamorfosis dengan fase kedua setelah mengalami fase telur. Lebih tepatnya sebelum masuk fase pupa sebelum menjadi lalat dewasa. Kandungan di dalamnya mengandung protein maggot dengan prosentase hingga 40 %. Nilai gizi pelet dibuat oleh pabrik dengan persentase sekitar 20-25 %. Ini dapat meningkatkan tingkat metabolisme pada ikan sehingga sangat baik untuk melawan berbagai penyakit.

2. Ikan rucah

pakan lele

Selain memiliki nilai gizi sangat tinggi. Ikan rucah ini sangat disukai oleh para petani karena di dalamnya sangat mengandung protein yang super tinggi. Mengandung komponen yang berasal dari berbagai unsur sebagai penunjang pertumbuhan ikan lele yang rasanya sangat enak dan disukai oleh ikan lele. Ikan rucah yang rasanya dianggap enak memang bukan hanya sekedar anggapan, tapi memang sangat benar adanya. Para budidaya ikan lele biasanya mengandalkan ikan rucah untuk berbagai pakan harian.

3. Bekicot

pakan lele

Bekicot merupakan alternatif pakan ikan yang memiliki kandungan protein sangat lengkap dan sangat bagus sebagai makanan yang dapat menjadikan ikan lele cepat besar pertumbuhannya. dan ikan lele pun memang sangat menyukai jenis pakan yang amis seperti bekicot.

4. Cacing

pakan lele

Banyak para ahli cacing lubricus yang menyadari bahwa di dalam tubuh cacing mengandung kadar protein yang sangat tinggi, atau sekitar 76 %. Kadar cacing ini lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang ada di dalam daging mamalia karena proteinnya sebanyak 65% atau ikan yang memiliki kadar sebanyak 50 %. Cacing sutra juga bagus dikonsumsi lele sebab memiliki laju pertumbuhan yang sangat tinggi. Jenis makanan cacing termasuk ke dalam jenis kelompok pakan alami ikan yang sangat tinggi kandungan gizinya.

5. Tanaman atau Dedaunan

Tanaman Azzola merupakan tumbuhan pakuan yang banyak dicari oleh para peternak ikan yang khusus untuk ikan lele sebagai alternatif pakan tambahan yang murah. Intensitas perburuan azola merupakan pakan ikan lele yang di dalamnya mengandung banyak protein yang sangat tinggi sekitar 25 hingga 35 %.

6. Unggas

Pada peternakan ayam setiap harinya biasanya ada saja ayam yang mati. Limbah ayam bisa Anda gunakan untuk memberi makan ikan lele, karena lele merupakan hewan karnivora. Ayam yang sudah mati tidak boleh diberikan secara langsung untuk menghindari wabah penyakit pada ikan. Ayam harus direbus serta dibersihkan dulu. Proses perebusan ini bertujuan untuk menghilangkan bau dan membunuh bibit penyakit yang mungkin terkandung dalam ayam. Setelah mendidih diamkan menjadi dingin, kemudian berikan ke ikan lele Anda pada hari itu juga.

The post Pakan Alternatif Budidaya Ikan Lele appeared first on Awinfish.

]]>
https://awinfish.com/pakan-alternatif-budidaya-ikan-lele/feed/ 0
Budidaya Ikan Cupang Memiliki Prospek Yang Menjanjikan https://awinfish.com/bisnis-ikan-hias-budidaya-ikan-cupang-memiliki-prospek-yang-menjanjikan/ https://awinfish.com/bisnis-ikan-hias-budidaya-ikan-cupang-memiliki-prospek-yang-menjanjikan/#respond Thu, 02 May 2019 07:48:11 +0000 http://awinfish.com/?p=147 Ikan cupang ini adalah merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki banyak peminat serta cukup mudah dipelihara. Budidaya ikan cupang sebenarnya tidak membutuhkan lahan luas dan bisa dimulai dengan modal yang kecil sebagai bentuk peluang bisnis dan usaha rumahan. Ikan air tawar yang hidup di daerah tropis ini banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, […]

The post Budidaya Ikan Cupang Memiliki Prospek Yang Menjanjikan appeared first on Awinfish.

]]>
Ikan cupang ini adalah merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki banyak peminat serta cukup mudah dipelihara. Budidaya ikan cupang sebenarnya tidak membutuhkan lahan luas dan bisa dimulai dengan modal yang kecil sebagai bentuk peluang bisnis dan usaha rumahan.

Ikan air tawar yang hidup di daerah tropis ini banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia sendiri. Pada alam bebas jenis ikan ini akan hidup berkelompok dengan habitat rawa-rawa, telaga, danau, dan sungai yang memiliki perairan arus tenang.

budidaya ikan cupang

Hal yang paling istimewa dari ikan cupang adalah memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat sehingga mampu hidup pada lingkungan air dengan oksigen yang sangat minim. Kemampuan seperti ini karena dalam tubuh ikan cupang terdapat rongga labirin hampir mirip pada paru-paru manusia.

 

Di Indonesia, dapat dijumpai beberapa jenis ikan cupang, di antaranya;

1. Cupang plakat
Ini adalah jenis cupang aduan. Cupang plakat memiliki beberapa varian seperti full black, plakat dragon, dan lainnya.

2. Cupang Halfmoon
Ikan cupang jenis ini dipelihara karena warnanya yang indah. Cupang jenis ini memiliki banyak variasi warna pada siripnya. Jika dilihat dari samping, warna pada pada sirip dan ekornya tampak seperti setengah bulan (setengah lingkaran).

3. Serit (Crown Tail)
Cupang jenis ini berasal dari Indonesia.

4. Double Tail
Sepintas cupang jenis ini mirip dengan jenis halfmoon. Perbedaan yang nyata terletak pada ekornya yang terbelah dua.

5. Giant (Cupang Raksasa)
Ini adalah jenis cupang terbesar. Ukurannya dapat mencapai 12 cm. Ikan cupang jenis ini merupakan hasil persilangan cupang jenis plakat dengan jenis lain.

6. Cupang Alam
Jenis ini adalah cupang yang masih asli dari alam. Belum tersentuh persilangan oleh manusia. Cupang alam dapat ditemukan di rawa dan sungai.

Budi daya ikan cupang telah banyak dilakukan di Indonesia, karena pasar ikan cupang memang sangat menjanjikan. Tidak hanya pasar dalam negeri, tapi juga pasar luar negeri (ekspor). Anda tertarik untuk budidaya ikan cantik ini?

The post Budidaya Ikan Cupang Memiliki Prospek Yang Menjanjikan appeared first on Awinfish.

]]>
https://awinfish.com/bisnis-ikan-hias-budidaya-ikan-cupang-memiliki-prospek-yang-menjanjikan/feed/ 0
Jenis-jenis ikan lele budidaya https://awinfish.com/jenis-ikan-lele-sangkuriang/ https://awinfish.com/jenis-ikan-lele-sangkuriang/#respond Thu, 25 Apr 2019 09:49:56 +0000 http://awinfish.com/?p=16 Lele sangkuriang, merupakan salah satu jenis ikan lele budidaya. Jenis ikan lele sangat banyak, namun tidak semuanya cocok untuk dibudidayakan dan dikonsumsi. Hanya dari jenis-jenis tertentu saja yang bisa dibudidayakan untuk tujuan konsumsi. Jenis-jenis ikan lele yang dibudidayakan biasanya memiliki sifat unggul seperti pertumbuhan cepat dan tahan terhadap penyakit. Selain itu, ia harus bisa tumbuh […]

The post Jenis-jenis ikan lele budidaya appeared first on Awinfish.

]]>
Lele sangkuriang, merupakan salah satu jenis ikan lele budidaya. Jenis ikan lele sangat banyak, namun tidak semuanya cocok untuk dibudidayakan dan dikonsumsi. Hanya dari jenis-jenis tertentu saja yang bisa dibudidayakan untuk tujuan konsumsi.

Jenis-jenis ikan lele yang dibudidayakan biasanya memiliki sifat unggul seperti pertumbuhan cepat dan tahan terhadap penyakit. Selain itu, ia harus bisa tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang mempunyai kepadatan tinggi dan kondisi air minim.

Ikan lele termasuk pada jenis ikan karnivora atau pemakan daging. Di alam ikan ini menyantap cacing, kutu, larva serangga dan siput air. Pada keadaan tertentu ia bisa memangsa sesamanya alias kanibal. Biasanya, lele menjadi kanibal karena tak ada makanan lain dan faktor perbedaan ukuran. Lele yang lebih besar akan memangsa kawanan yang lebih kecil.

Di Indonesia, setidaknya terdapat dua spesies ikan lele yang biasa dibudidayakan masyarakat. Yaitu spesies Clarias Batrachus dan Clarias Gariepinus. Dari dua spesies ini, ada beberapa lele yang dikategorikan unggul yaitu lele dumbo, lele sangkuriang dan lele phyton. Setiap jenis lele tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasan dari jenis-jenis lele budidaya di Indonesia.

lele sangkuriang

1. Ikan lele lokal

Ikan lele lokal memiliki nama latin Clarias Batrachus, merupakan jenis lele yang dikenal luas di masyarakat. Sebelum lele dumbo diperkenalkan di Indonesia, para peternak biasa membudidayakan ikan lele jenis ini. Namun saat ini sangat jarang peternak yang membudidayakan jenis lele lokal karena dipandang kurang menguntungkan. Lele lokal memiliki Food Convertion Ratio (FCR) yang tinggi, artinya rasio pakan yang diberikan terhadap berat daging yang dihasilkan tinggi. Perlu lebih dari satu kilogram pakan untuk menghasilkan satu kilogram daging dalam satu siklus budidaya. Selain itu, pertumbuhan lele lokal terbilang sangat lambat. Lele lokal yang berumur satu tahun masih kalah besar dengan lele dumbo berumur 2 bulan!

Terdapat tiga jenis lele lokal yang ada di Indonesia, yaitu lele hitam, lele putih atau belang putih dan lele merah. Diantara ketiga jenis lele itu, lele hitam paling banyak dibudidayakan untuk konsumsi. Sedangkan lele putih dan merah lebih banyak dibudidayakan sebagai ikan hias. Lele lokal memiliki patil yang tajam dan berbisa, terutama pada lele muda. Apabila menyengat, racun yang terdapat pada patil bisa membunuh mangsanya dan bagi manusia bisa membuat bengkak dan demam.

2. Ikan lele dumbo

Pertama kali didatangkan ke Indonesia dari Taiwan pada tahun 1985. Ikan ini menjadi favorit dikalangan peternak karena pertumbuhannya yang cepat dan badannya yang bongsor dibandingkan dengan lele lokal. Sebagai perbandingan, lele dumbo berumur 2 bulan besar badannya bisa dua kali lipat dibanding lele lokal berumur satu tahun.

Menurut keterangan eksportirnya, lele dumbo merupakan hasil perkawinan antara Ikan lele asal Taiwan Clarias Fuscus dengan ikan lele asal Afrika Clarias Mosambicus. Namun keterangan lain menyebutkan lele dumbo lebih mirip dengan Clarius Gariepinus yang hidup di perairan Kenya, Afrika. Banyak literatur yang menggolongkan lele dumbo kedalam jenis yang kedua, termasuk artikel ini. Untuk pastinya, perlu penelaahan lebih lanjut dalam mengungkap asal-usul lele dumbo.

Dari sisi fisik, ikan lele dumbo bisa dibedakan dengan lele lokal dari warnanya yang hitam kehijauan. Lele dumbo juga akan bereaksi ketika terkejut atau stres, kulitnya berubah menjadi bercak-bercak hitam atau putih dan kemudian akan berangsur-angsur kembali ke warna awal. Memiliki patil seperti lele lokal, namun patilnya tidak mengeluarkan racun. Lele dumbo juga cocok dipelihara di kolam tanah karena tidak mempunyai kebiasaan membuat lubang. Secara umum, lele dumbo bisa tumbuh lebih cepat, lebih besar dan lebih tahan terhadap penyakit dibanding lele lokal. Namun dari sisi rasa, daging lele dumbo lebih lebih lembek. Sebagian orang menganggap daging ikan lele lokal lebih enak rasanya dibanding lele dumbo.

3. Ikan lele sangkuriang

Ikan lele sangkuriang resmi dilepas oleh Departemen Kelautan dan Perikanan pada tahun 2004. Penelitian ikan lele sangkuriang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPAT) Sukabumi sejak tahun 2002. Penelitian ini berawal dari kekhawatiran para peternak dengan menurunnya kualitas lele dumbo yang beredar di masyarakat. Penurunan disebabkan oleh kesalahan dalam menghasilkan benih dan penyilangan yang terjadi secara terus menerus. Hingga akhirnya diupayakan untuk mengembalikan sifat-sifat unggulnya dengan cara persilangan balik (back cross).

Dari hasil perkawinan ini ternyata didapatkan sifat-sifat unggul seperti kemampuan bertelur hingga 40.000-60.000 butir per sekali pemijahan. Jauh berbeda dengan kemampuan bertelur lele lokal yang berkisar 1.000-4.000 butir. Lele Sangkuriang juga lebih tahan terhadap penyakit, dapat dipelihara di air minim, dan kualitas daging yang lebih baik.

Hanya saja kelemahannya, peternak tidak bisa membenihkan lele Sangkuriang dari induk lele Sangkuriang. Apabila ikan lele Sangkuriang dibenihkan lagi, kualitasnya akan turun. Jadi pembenihan lele Sangkuriang harus dilakukan dengan persilangan balik.

Ikan lele sangkuriang II belum dilepas secara bebas. Pihak BBPAT masih melakukan uji multilokasi di daerah Bogor (Jawa Barat), Gunung Kidul (Yogyakarta), Kepanjen (Jawa Timur) dan Boyolali (Jawa Tengah). Daerah tersebut memang dikenal sebagai sentra-sentra produksi lele nasional.

4. Ikan lele phyton

Berbeda dengan varietas unggul lainnya yang biasanya ditemukan oleh para peneliti, ikan lele phyton ditemukan oleh para peternak lele di Kabupaten Pandeglang, Banten, pada tahun 2004. Ikan lele phyton merupakan hasil dari silangan induk lele eks Thailand F2 dengan induk lele lokal. Sayangnya tidak diketahui apa spesies dari indukannya dan dari generasi keberapa indukan ikan lele lokalnya berasal. Menurut para penemunya, indukan didapat dari lele lokal yang banyak dibudidayakan masyarakat setempat secara turun temurun. Tapi berdasarkan beberapa literatur, lele phyton berasal dari induk betina lele eks Thailand F2 dengan induk jantan lele dumbo F6.

Ikan lele phyton mempunyai ketahanan terhadap cuaca dingin, tingkat kelangsungan hidup (survival rate) lebih dari 90%. Sementara itu, FCR mencapai 1, artinya satu kilogram pakan menjadi satu kilogram daging dihitung mulai benih ditebar sampai panen dengan siklus pemeliharaan selama 50 hari.

Pada awalnya proyek Ikan lele phyton ini dilakukan untuk menjawab keluhan para peternak lele di Desa Banyumundu, Kabupaten Pandeglang. Mereka sering mengalami kerugian karena tingkat mortalitas yang tinggi dari benih lele yang dibeli dipasaran, seperti lele dumbo. Benih lele tersebut rupanya tidak cocok dibudidayakan di Desa Banyumundu yang beriklim dingin, pada malam hari berkisar 17 derajat celcius. Dengan metode try and error selama lebih dari 2 tahun akhirnya mereka menemukan varietas lele yang kemudian dinamakan Ikan lele phyton. Kualitas lele phyton ini juga diakui oleh Dinas Perikanan Budidaya Provinsi Banten.

Sesuai dengan namanya, lele phyton memiliki bentuk kepala seperti ular phyton. Gerakannya lebih lincah dari lele dumbo dan rasa dagingnya lebih gurih, tidak lembek. Dari segi rasa, lele phyton lebih mendekati lele lokal.

The post Jenis-jenis ikan lele budidaya appeared first on Awinfish.

]]>
https://awinfish.com/jenis-ikan-lele-sangkuriang/feed/ 0
Cara Membuat Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Lele https://awinfish.com/budidaya-ikan-lele-kolam-terpal/ https://awinfish.com/budidaya-ikan-lele-kolam-terpal/#respond Thu, 25 Apr 2019 09:44:06 +0000 http://awinfish.com/?p=12 Budidaya lele kolam terpal merupakan salah satu cara yang menjadi favorit para petani ikan yang banyak digemari orang untuk disantap ini. Sejatinya pembuatan kolam terpal dalam budidaya merupakan salah satu bentuk inovasi sekaligus pemanfaatan lahan kecil agar lebih bermanfaat. Pada dasarnya budidaya lebih baik di kolam alami atau kolam tanah. Namun hal tersebut menjadi penghalang, […]

The post Cara Membuat Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Lele appeared first on Awinfish.

]]>
Budidaya lele kolam terpal merupakan salah satu cara yang menjadi favorit para petani ikan yang banyak digemari orang untuk disantap ini. Sejatinya pembuatan kolam terpal dalam budidaya merupakan salah satu bentuk inovasi sekaligus pemanfaatan lahan kecil agar lebih bermanfaat. Pada dasarnya budidaya lebih baik di kolam alami atau kolam tanah. Namun hal tersebut menjadi penghalang, bahwa yang bisa melakukan usaha tersebut hanya pemilik lahan saja.
Berangkat dari situlah, bagi siapa saja yang hanya memiliki lahan sempit baik di depan, samping atau belakang rumah jangan khawatir. Selain itu objek budidaya ikan lele merupakan hewan yang kuat terhadap lingkungan budidaya salah satunya budidaya dalam kolam terpal.

budidaya ikan lele kolam terpal

Kelebihan Penggunaan Kolam Terpal

Tentunya dalam menentukan media budidaya kita harus tau faktor faktor yang menyebabkan keberhasilan budidaya daik dari on farm ataupun off farm. berikut beberapa kelebihan jika kita melakukan budidaya menggunakan kolam terpal.
1. Kolam terpal mudah diaplikasikan pada daerah kurang air.
2. Kolam terpal mudah diaplikasikan pada daerah yang sempit.
3. Suhu air di kolam terpal lebih stabil.
4. Ikan Kolam terpal tidak berbau tanah.
5. Panen Ikan Lebih Mudah.
6. Pengolahan Kolam Terpal Lebih Cepat.
7. Padat Tebar Benih Ikan Lebih Tinggi.
8. Jarang Ditemui Hama & Penyakit.
9. Kelangsungan Hidup Ikan Lebih Tinggi

Sangat banyak sebenarnya jika dijelaskan satu persatu kelebihan budidaya menggunakan kolam terpal sebagai media budidaya. Apalagi di zaman sekarang, budidaya ikan lele menggunakan terpal menjadi pilihan banyak orang.

Berikut adalah cara singkat pembuatan kolam terpal sederhana untuk ikan nila dan ikan lainya.
1. Buat pasak bambu / kayu untuk melingkari petakan kolam.
2. Pasang pasak melintang dengan bambu / kayu yang dibelah untuk menguatkan pasang sudut.
3. Pasang terpal yang tepinya telah ditempel bisa dengan paku atau lainnya dibagian atas kolam ke kayu / bambu.
4. Pasang pipa untuk salurang air dan pembuangan.
5. Isi dengan air dan biarkan hingga bau terpal hilang sebelum mengisi dengan ikan.

Itulah beberapa kelebihan dari budidaya lele dengan kolam terpal dan tips singkat cara membuatnya.

The post Cara Membuat Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Lele appeared first on Awinfish.

]]>
https://awinfish.com/budidaya-ikan-lele-kolam-terpal/feed/ 0
Panduan Budidaya Ikan Lele https://awinfish.com/panduan-budidaya-ikan-lele/ https://awinfish.com/panduan-budidaya-ikan-lele/#respond Thu, 25 Apr 2019 09:15:57 +0000 http://awinfish.com/?p=6 Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan ini memiliki tingkat konversi pakan menjadi bobot tubuh yang baik. Dengan sifat seperti ini, budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan bila dilakukan secara intensif. Terdapat dua segmen usaha budidaya ikan lele, yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segmen pembenihan bertujuan untuk […]

The post Panduan Budidaya Ikan Lele appeared first on Awinfish.

]]>
Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan ini memiliki tingkat konversi pakan menjadi bobot tubuh yang baik. Dengan sifat seperti ini, budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan bila dilakukan secara intensif.

Terdapat dua segmen usaha budidaya ikan lele, yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segmen pembenihan bertujuan untuk menghasilkan benih ikan lele, sedangkan segmen pembesaran bertujuan untuk menghasilkan ikan lele siap konsumsi.

Penyiapan kolam tempat budidaya ikan lele

Ada berbagai macam tipe kolam yang bisa digunakan untuk tempat budidaya ikan lele. Setiap tipe kolam memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing bila ditinjau dari segi usaha budidaya. Untuk memutuskan kolam apa yang cocok, harap pertimbangkan kondisi lingkungan, ketersediaan tenaga kerja dan sumber dana ada.

budidaya ikan lele

Tipe-tipe kolam yang umum digunakan dalam budidaya ikan lele adalah kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, jaring apung dan keramba. Namun jenis kolam yang banyak digunakan yaitu kolam terpal diatas tanah.

Pilih Bibit yang Unggul

Dalam pemilihan bibit pun Anda tidak boleh adal. Anda harus memilih bibit lele unggul yang lebih sulit terserang penyakit, sehat, dan lebih besar. Lalu apa saja ciri bibit unggul pada lele? Bibit ikan lele yang unggul akan lebih gesit dan agresif saat pemberian makan, ukuran lele terlihat sama, warna sedikit lebih terang, dan sebagainya. Berikut artikel tentang cara memilih bibit yang unggul

Perhatikan Kualitas Air Kolam

Warna air kolam yang baik bagi ikan lele adalah hijau. Karena lele dapat bertahan hidup di air berlumpur, di mana warna hijau berarti banyak lumut di sekitar kolam. Air pada kolam ikan lele akan berubah menjadi merah ketika sudah dewasa dan siap panen. Meski, ikan lele tidak suka hidup di air jernih, Anda juga tidak boleh memasukkan sembarang air ke dalam kolam, karena Anda tidak akan tahu, apakah air tersebut mengandung bakteri atau parasit yang bisa menyebabkan penyakit pada ikan lele.

The post Panduan Budidaya Ikan Lele appeared first on Awinfish.

]]>
https://awinfish.com/panduan-budidaya-ikan-lele/feed/ 0